Peluang Usaha Merintis Bisnis Frozen Food

Posted on Updated on

Anda ingin merintis usaha frozen food yang terbuat dari ikan dan seafood, seperti ikan, udang dan cumi dll. Kira-kira prospek peluang usaha ini seperti apa?

rumah nugget nayFrozen food atau makanan beku memang cukup dicari saat ini. Antara lain karena praktis, bisa disimpan cukup lama di dalam lemari pendingin, dan bisa dimasak sewaktu-waktu. Frozen food berbahan dasar seafood dan ikan ini misalnya dibuat baso, otak-otak, bakwan, kaki naga, atau nugget memiliki kandungan protein dan Omega-3 yang baik buat pertumbuhan anak-anak dan orang dewasa.

Menu Indonesia, sebagai negara kepulauan, tentunya memiliki bahan mentah cukup besar untuk frozen food berbahan dasar ikan dan seafood. Namun, masyarakat Indonesia juga lebih sering memasak seafood dan ikan ini sebagai lauk yang langsung dimasak atau diasinkan.

Menurut Konsultan Bisnis, Rhenald Kasali, sebelum memulai berbisnis ini ada baiknya Anda bisa melakukan survei ke berbagai supermarket untuk mengecek tingkat permintaan frozen food berbahan dasar ikan dan seafood ini. Dapat pula Anda menghubungi pelakunya secara langsung, misalnya mengontak mereka lewat website atau blog yang tercantum di internet, atau Anda bertemu mereka di pameran.

Anda dapat mencari informasi ke Dinas Perikanan dan Kelautan atau Dinas Koperasi. Untuk tes pasar sebagai usaha pemula, Anda bisa menawarkan produk makanan beku produksi Anda ke komunitas sekitar, seperti para ibu di sekolah anak, kerabat, atau tetangga. Penting diingat:frozen food ini harus bebas zat pengawet, zat pewarna, dan sebaiknya tidak memakai penguat rasa. Nah salah satu produsen frozen food yang menawarkan kemitraan adalah Rumah Nugget yang memproduksi olahan Ikan dan Seafood menjadi Nugget dan Olahan lainya. Anda berani mencoba memasarkanya.

Berikut Analisa usaha Frozen Food skala Rumahan dengan Modal terbatas, namun kalau ditekuni bisa besar dan menjadi pendapatan utama iu-ibu di rumah.
Contoh Perhitungan Usaha

Kebutuhan Modal Awal :

Bahan baku : Rp. 200.000,00
Kemasan : Rp. 50.000,00
Lain-lain : Rp. 50.000,00
Bahan bakar : Rp. 30.000,00

Jumlah Modal Awal : Rp. 330.000,00

Asumsi Pendapatan Perminggu :

Pendapatan : Rp. 700.000,00

Pengeluaran :
Bahan baku : Rp. 200.000,00
Kemasan : Rp. 50.000,00
Bahan bakar : Rp. 30.000,00
Lain-lain : Rp. 50.000,00
Jumlah Pengeluaran : Rp. 330.000,00

Laba : Rp. 370.000,00
Peluang Bisnis Makanan Beku
Peluang Usaha Untuk Ibu Rumah Tangga Modal 1 JutaDear Bunda di rumah.. Ternyata rejeki tidak hanya datang dari luar rumah lho.., bahkan dari dalam rumah kita sendiri pun kita tetap dapat menghasilkan uang. Sekarang ini adalah sebuah trend dimana para wanita lebih memilih untuk bekerja dikantoran karena lebih bergengsi ataupun karena memang tuntutan perekonomian keluarga.

Tapi coba bayangkan jika semua wanita lebih memilih bekerja diluar rumah lalu apa jadinya rumah kita?

Disini penulis melihat peluang usaha (bisnis) yang mempunyai potensi yang sangat besar bagi para wanita ataupun pria yang mempunyai hobi memasak. Sejatinya kita tidak bisa berpaling dari keadaan yang terjadi pada saat ini, yaitu kebutuhan rumah tangga yang relatif tinggi menuntut untuk para wanita khususnya agar ikut membantu dengan aktif pembiayaan rumah tangga.

Dan.. Sebagai wanita karir tentunya memasak merupakan pekerjaan yang menyita banyak waktu, sehingga menu praktis akan menjadi pilihan menu ibu rumah tangga yang bekerja atau wanita karir ( tul ga… ). Pilihan menu praktis dan siap saji tersebut diantaranya adalah sajian makanan beku ( frozen food ) dengan berbagai macam rasa dan bentuk olahannya.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi pangan sajian makanan yang biasa kita konsumsi setiap hari dapat kita simpan dan tahan untuk beberapa waktu yang cukup lama. Tentunya dengan teknik penyimpanan dan pengolahan bahan yang tepat sehingga tidak merusak dan mengurangi nilai gizi bahan tersebut.

Sajian olahan makanan beku kini sangat bervariasi lho dipasaran. Dimulai dari produk olahan dari bahan daging, ikan hingga bebagai macam olahan snack baik yang berasa manis maupun gurih dikemas dalam bentuk makanan beku dengan masa simpan yang lebih lama dan lebih praktis.

Satu hal yang membuat makanan beku kurang dapat diterima oleh masyarakat adalah penggunaan bahan pengawet atau bahan aditif yang beresiko dapat mengganggu kesehatan konsumennya.

Sebagai konsumen kita harus mengetahui komposisi bahan yang terkandung dalam makanan tersebut. Selama bahan aditif tersebut masih sesuai dengan standar penggunaan yang dianjurkan maka produk tersebut masih aman dikonsumsi.

Dan…Bahkan kita pun dapat membuat produk olahan makanan beku tanpa bahan pengawet dengan alat seadanya dirumah. Terlebih lagi kegiatan ini dapat menjadikan peluang bisnis yang menguntungkan. Dan yang lebih asik lagi kita bisa dapat uang tanpa perlu keluar rumah yang mengharuskan kita meninggalkan sang buah hati setiap harinya yang bisa menimbulkan konsentrasi yang terpecah antara pekerjaan dan sang buah hati… Siip lah..

Yuks mom kita berkreatif lewat dapur kita yang mungil tapi inspiratif…

Hayyo… siapa mau coba… Acungkan jempol anda sekarang juga :>

Salam kreatif…
Point penting sebelum melakukan bisnis frozen food

ciri-ciri ikan segar

Berikut adalah beberapa langkah menjadi produsen produk olahan makanan beku skala rumahan :

  • Pelajari dengan baik bagaimana cara mengolah makanan beku dimulai dari proses pemilihan bahan, proses pengolahan dan juga penyimpanannya.
  • Tentukan jenis produk olahan makanan beku yang akan anda jual. Pastikan produk tersebut memiliki ciri dan penampilan khusus yang tidak dimiliki produk lain yang sudah ada.
  • Gunakan bahan beku yang berkualitas baik untuk menjamin kualitas produk itu sendiri.
  • Buat kemasan produk semenarik dan sepraktis mungkin untuk memudahkan konsumen mengenal dan mengkonsumsi produk tersebut.
  • Buat rencana sasaran atau target pasar seluas-luasnya untuk produk olahan makanan beku yang sedang anda rintis.
  • Manfaatkan semua fasilitas dan potensi yang ada sebagai media promosi produk olahan makanan beku anda.
    Selalu melakukan inovasi baru terhadap produk yang sudah ada dan memperbaiki kualitas produk menjadi lebih baik lagi.

Gemar makan ikan (New Strategi Usaha)

  1. Kenali sifat dan masa simpan bahan baku yang akan digunakan untuk membuat produk olahan makanan beku. Ketika harga bahan baku dipasaran lebih murah kita dapat membelinya lebih banyak dengan memperhitungkan jumlah kebutuhan yang sesuai dengan masa simpan bahan. Jangan sampai bahan yang kita beli terbuang sia-sia karena rusak.
  2. Pelajari betul teknik pengolahan dan penyimpanan produk olahan makanan beku yang akan kita jual. Jika kita menggunakan jasa pegawai produksi, kita harus selektif dan selalu mengawasi kerja mereka agar sesuai dengan prosedur yang benar.
  3. Tidak perlu takut menghadapi kompetitor yang jauh lebih maju dalam hal sarana dan prasarana usahanya. Asalkan kita tekun dan selalu menjaga kualitas produk dengan baik dan selalu berinovasi, kita pasti bisa bertahan ditengah persaingan usaha yang ketat.
  4. Lakukan promosi dari berbagai macam bentuk media apalagi sekarang eranya media sosial yang murah dan mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat.
  5. Pastikan produk anda aman dikonsumsi dan memiliki nilai lebih, dengan mengantongi izin Dinkes setempat dan Sertifikat Halal MUI setempat.

Salam sukses bagi bunda semua, selamat mencoba dan jangan takut gagal ” kegagalan adalah sukses yang tertunda, bangkit dan mencoba lagi”.Menjadi pengusaha frozen food bukan hanya saja mengurusi proses produksi saja, tapi juga manajemen usaha, marketing, serta SDM…..Nah kalau bunda bingung cari ilmunya dimana? yuk gabung di komunitas Frozen Food Indonesia…..ada kegiatan kopdar nya loh membahas mengenai produksi frozen food dan membahas teknik-teknik marketing dan manajemen usaha….yuk buruan gabung di Group facebooknya langsung ke TKP yaaa. https://www.facebook.com/groups/FrozenfoodIndonesia/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s