Kisah Keberhasilan Matsushita Membangun Bisnis

Posted on Updated on

konosuke matsushitaSiapa yang tidak kenal dengan Matsushita.  Dengan produk elektronik ber merek National, Panasonic, Technics, Matsushita menguasai dunia.

Keberhasilan Matsushita sebagai salah satu perusahaan raksasa dunia bukan hanya diukur dari jumlah pekerja, produk yang dihasilkan ataupun keuntungan yang diperoleh.  Matsushita juga dikenal sebagai perusahaan yang mempu memenuhi keperluan masyarakat, pelanggan dan pekerjanya.

Matsushita tidak menggunakan nama perusahaannya pada produk yang dihasilkan.  Ini menarik, karena biasanya perusahaan selalu menggunakan namanya sebagai nama produk dan dicantumkan di label produk. Sebagai sebuah perusahaan asing, matsushita mampu berdiri kokoh menjalankan usahanya di seluruh dunia.

Rahasia Matsushita dan perusahaan Jepang lainnya dalam menghasilkan produk berkualitas adalah dengan memberikan perhatian pada mutu setiap produk yang dihasilkan.  Sedikit kelemahan atau kekurangan pada produk tersebut dapat menghentikan seluruh operasi produksi.  Oleh karena itu, perusahaan Jepang memberikan perhatian lebih untuk mengetahui secara pasti masalah dan sebab kerusakan yang terjadi.

Adalah Konosuke Matsushita, yang lahir pada tanggal 27 November 1894 di dusun pertanian Wasamura.  Masa muda Konosuke kurang beruntung karena keluarga ini mengalami masa-masa sulit hingga ia beranjak dewasa.  Ia adalah putra bungsu dari 10 orang bersaudara.

Sebenarnya bapak Konosuke Matsushita adalah keluarga berkecukupan.  Dengan 150 hektar lahan pertanian yang di garap oleh para penyewa, mereka hidup cukup dan tergolong masyarakat kelas menengah.  Tetapi nasib berkata lain.  Pada tahun 1899 situasi krisis mulai melanda.  Sepuluh orang bersaudara ini pindah ke rumah petak yang kecil dan kumuh di dekat Wakayama,  Makanan menjadi langka.  Situasi semakin mengerikan karena satu demi satu anak anak mulai meninggal karena kekurangan makanan.  Konosuke bertahan hidup dan pada umur 9 tahun ia dikirim ke Osaka untuk bekerja selama 16 jam sehari dan tinggal bersama majikannya.

Tragedi hidup ini menempa mental Konosuke menjadi sangat kuat sehingga ini menjadi bekal yang luar biasa baginya. Matsushita kecil.  Pada tahun 1918 ia mendirikan usaha kecil dan terus berkembang pesat menjadi perusahaan elektronik besar.  beberapa kunci sukses Matsushita adalah ia adalah seorang pekerja keras, suka bersaing, dan memiliki motivasi tinggi untuk maju.

Keberhasilan-keberhasilan kecil dalam bisnisnya tidak membuat ia cepat puas.  Konosuke selalu bekerja keras.  Pada tahun-tahun pertama bisnisnya, Matsushita menemukan bahwa produk yang hanya sedikit lebih baik atau lebih murah dibandingkan produk yang ada di pasar tidak begitu menarik perhatiannya.

Stop kontak, produk pertama Matsushita adalah salah satu contoh yang paling jelas.  Melalui beberapa uji coba, Matsushita mengetahui bahwa penawaran yang ideal adalah 30% lebih baik, namun 30% lebih murah dibandingkan produk standard.  Kondisi ini bisa menguntungkan perusahaan karena bisa meraih pangsa pasar yang lebih baik dibanding kompetitor.  Artinya produk harus lebih baik dari kompetitor dengan harga jual lebih rendah.

Demikianlah sekilas tentang Matsushita.  Berangkat dari berbagai kegetiran hidup semenjak kecil, Konosuke Matsushita menjelma menjadi pebisnis handal dengan menghasilkan penjualan 65 Milyar Dollar per tahun melalui Matsushita Electric Corporation.

*dari berbagai sumber

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s