Mikroorganisme Yang Berhubungan Dengan Makanan

Posted on Updated on

mikroorganisme yang berhubungan dengan makananMikroorganisme adalah organisme yang berukuran sangat kecil sehingga untuk mengamatinya diperlukan alat bantuan. Mikroorganisme disebut juga organisme mikroskopik. Mikroorganisme seringkali bersel tunggal (uniseluler) maupun bersel banyak (multiseluler). Namun, beberapa protista bersel tunggal masih terlihat oleh mata telanjang dan ada beberapa spesies multisel tidak terlihat mata telanjang.

Mikroorganisme bertebaran sangat banyak dilingkungan kita yang mana akan menyebabkan makanan tercemar. Bahkan mengakibatkan perubahan fisik maupun kimiawi yang tidak diinginkan, sehingga tidak layak dikonsumsi.

Apabila dikonsumsi maka ini akan menjadi perantara untuk tumbuhnya mikroorganisme yang bersifat patogenik terhadap manusia. Akibatnya terjadi gangguan saluran pencernaan (gastrointestinal) akibat keracunan makanan yang disebarkan oleh mikroorganisme patogenik yang termakan bahan pangan yang tercemar.

Ada beberapa macam mikroorganisme akan tetapi pada kesempatan kali ini kita membahas sedikit tentang bakteri

Bakteri

Bakteri adalah mikroorganisme bersel tuunggal yang tidak terlihat oleh mata. Sangat banyak bakteri yang ada dilingkungan kita tetapi hanya beberapa karakteristik saja yang dikemukakan yaitu :

  1. Bentuk bulat atau cocci (tunggal = coccus)
  2. Bentuk batang atau bacilli (tunggal = bacillus)
  3. Bentuk spiral atau spirilli (tunggal = spirillum)
  4. Bentuk koma atau vibrios (tunggal = vibrio)

Satu sifat yang penting dari bakteri dalam hubungannya dengan mikrobiologi pangan adalah mikroorganisme bakterikemampuan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi struktur internal yaitu endorspa. Endorspa merupakan sebuah fasa yang dilakukan oleh beberapa bakteri, seperti Bacillus dan Clostridium memproduksi bentuk pertahanan hidup pada kondisi yang tidak menguntungkan. Endospore ini umumnya terbentuk secara tunggal dalam sel guna menanggulangi lingkungan yang kurang baik.

Struktur sel

  1. Pili dan fimbria

Fimbria adalah tabung protein yang menonjol dari membran pada banyak spesies dari Proteobacteria. Fimbria umumnya pendek dan terdapat banyak di seluruh permukaan sel bakteri. Struktur pili mirip dengan fimbria dan ada di permukaan sel bakteri namun tidak banyak. Pili berperan dalam konjugasi bakteri. Fimbria hanya ditemukan pada bakteri gram negatif, dimana bakteri tersebut memiliki lapisan peptidoglikan yang tipis pada dinding selnya.

Kapsul dan lapisan lendir

kapsul adalah bagian asesori dari bakteri berfungsi melindungi bakteri dari suhu atau kondisi lingkungan yang ekstrem

  1. Flagela

Flagela adalah struktur kompleks yang tersusun atas bermacam-macam protein termasuk flagelin yang membuat flagela berbentuk seperti tabung cambuk dan protein kompleks yang memanjangkan dinding sel dan membran sel untuk membentuk motor yang menyebabkan flagela berotasi. Flagela berbentuk seperti cambuk. Flagela digunakan bakteri sebagai alat gerak. Bentuk yang umum dijumpai meliputi:

Monotrik – Flagela tunggal ditemukan di satu sisi

Peritrik – Flagela ditemukan diseluruh badan bakteri

Amfitrik – Terdapat satu flagela pada masing masing kutub

Lofotrik – Terdapat seberkas (banyak) flagel pada satu sisi/kutub

Perkembangbiakan sel

Bakteri berkembang biak dengan cara membelah diri manjadi dua (binart fission) sel-sel akan memanjang dan apabila sudah mencapai dua kali dari ukuran normal barulah akan membelah dari tengah menjadi dua sel dan mengalami pembelahan.

Semoga bermanfaat

 

Save

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s