Sharbiz 10 Nov 2016 : Royal Sandwich, new taste for sandwich lovers

Posted on Updated on

royal sandwich vidiBertepatan dengan hari pahlawan, kali ini akan ada sharing biznis (sharbiz) tepat pukul 20.00 di grup telegram Komunitas Frozenfood Indonesia.  Pemateri kali ini adalah seorang anak muda yang bernama Vidi,  Anak muda yang mulanya aktif di Karang. Taruna Bekasi ini mengaku masih single dan katanya ganteng.  Usaha frozenfood nya dimulai sejak 2011 dan berhasil dikembangkan hingga sekarang  melalui media internet. Bagaimana kisahnya memulai dan bertahan sejak 2011 dan mengapa memilih menjadi pengusaha sejak muda?

Selamat Malam semuanya, Perkenalkan nama saya Vidyanto (Vidi).  Produk saya adalah sandwich goreng frozen.  Dan juga mau memperkenalkan usaha saya Royal Sandwich, Royal Snack Box, Royal Tumpeng dan Royal Nasi Box.

Terimakasih sebelumnya sudah memberikan kesempatan untuk Sharing bisnis saya di Frozener, sempga bisa membantu yang ingin mengembangkan usahanya.  Oke, Saya mulai yah sharingnyaa….. Bismillah.

Usaha pertama saya adalah Royal Sandwich, Pioneer delivery Sandwich Goreng Frozen ke hampir seluruh Wilayah Indonesia.  Sandwich Goreng dengan 10 variant rasa yang unik, untuk melihat menunya bisa di cek di official websitenya http://www.royalsandwich.co.id.  Untuk penjualannya lebih ke media sosial seperti : Facebook Fanpage http://www.facebook.com/royalsandwich, Instagram http://www.instagram.com/royal_sandwich.

vidi-royal-sandwichSaat ini Royal Sandwich menggunakan sistem keagenan wilayah untuk melakukan penjualannya, sehingga Royal Sandwich Pusat tidak mennggunakan Aplikasi Chat (WA/BBM/Telegram/Line) untuk melayani pembelian. Royal Sandwich sudah e-commerce menggunakan official websitenya http://www.royalsandwich.co.id

Secara penjualan memang melihat budayanya potensinya masih kecil untuk memaksa customer untuk berbelanja di website dari pada berbelanja menggunakan aplikasi chat. Tetapi ternyata saat kita merubah sistemnya Agen wilayah yang fokus melakukan penjualan dan perekrutan reseller.

Royal Sandwich Fokus pada 3 hal penting:
1. Produksi
2. Distribusi
3. Branding

Nahh… Ngomong-ngomong soal branding saya mau sharing sedikit nih penggunaan media sosial untuk memperkenalkan/memperluas pengetahuan masyarakat mengenai produk kita.  Kenapa harus dikenal?. karena saat melakukan penjualan akan lebih mudah.

contoh :  Menawarkan kepada orang yang belum tahu brand/merk kita.

Jual : Ehhh gw jualan Royal Sandwich lohh
Beli : Apaan tuh?
Jual : Sandwich Goreng enak loh sist, ada banyak rasanya
Beli : Ada tester dulu ga?
bla…blaa…blaa..

Contoh menawarkan orang yang sudah mengetahui brand/merk kita :

Jual : eh, gw jualan Royal Sandwich Loh
Beli : Royal Sandwich yang lagi Hits di intagram yah?

Jual : Iyah, uda cobain belom?
Beli : Belom, mau dong gw, mau yang coklatnya meleleh sama yang kejunya meler itu dong. Deal…..

Selain lebih mudah menawarkan kepada orang yang mengetahui brand kita, ternyata waktu yang dibutuhkan dalam negosiasi lebih cepat, sehingga waktu yang lain bisa untuk menawarkan ke orang lain.

Gimana caranya untuk menggunakan instagram biar dilihat orang-orang banyak?.  ada beberapa cara, tapi yang paling mudah ada memberitahu kepada target market kita bahwa kita ada.

Dengan cara apa?. salah satunya dengan berinteraksi dengan mereka, bisa komen, bisa like, bisa dengan cara memfollow.

Trus siapa aja yang kita harus ajak berinteraksi?.  ya orang-orang yang menjadi target kita dong…

Gimana caranya tau orang itu target kita?.  Bisa dari :
#Hashtag
Location
Followernya kompetitor
Atau orang-orang yang sudah melike kita

Terkadang ada beberapa orang yang melike akun usaha kita tanpa melakukan pembelian, padahal tujuan orang itu melike instgram kita adalah karena tertarik dengan produk kita, jadi tinggal butuh dorongan sedikit untuk orang itu mengambil keputusan membeli produk kita.

Caranya gimana?.  Di instagram ada Fitur Direct Message (DM) di sini kita bisa berinteraksi secara personal, sehingga fitur inilah yang bisa memperkuat keputusan orang yang baru me-like/follow untuk membeli produk kita.

Bisa dengan cara :
1. Hard selling = Menanyakan kebutuhan dan langsung menawarkan produknya
2. Soft Selling = Memberikan info mengenai produk terbaik tanpa menawarkannya
3. Smart Selling = Memberikan Diskon/promo untuk melakukan transaksi secepatnya.

Oiya, ada yang tau ga sih cara foto kita keluar di explorer instagram?.  pernah tanya ga sih kenapa ada foto orang di explorer kita, gimana caranya foto orang ini kok muncul di explorer instagram kita?.

Ada beberapa alogaritma instagram yang memungkinkan kamu untuk muncul di explorer orang-orang.  caranya paling gampang adalah di like orang, semakin banyak orang yang me-like foto kita semakin besar kemungkinan foto kita muncul di explorer orang lain.

Kok bisa?.  Jadi alogaritma instagram adalah saling menghubungkan.  Maksudnya?.

Saya kasih Contoh, ada 3 orang A,B, dan C.  A memfollow B, sedangkan si B memfollow C.  Si C memposting Sebuah foto dan di Like oleh Si B. Si A tidak memfollow si C, padahal mungkin kenal. dikarenakan Foto C di Like oleh B, Foto si C akan muncul di Explorer si A.  Dan di bawah fotonya si akan ada tulisan based on people you follow.

Jadi instagram merekomendasikan foto yang di like oleh follower kamu, karena instagram menduga mungkin kamu kenal dengan orang yang di like oleh orang yang kamu follow.

Bayangkan kalau ada 100 like di foto kamu, berati ada 100 orang yang melike foto kamu, dan setiap orang yang melike foto kamu memiliki 100 Followers.  Sehingga peluang Foto kamu akan muncul di explorer ada di 10.000 Akun.

Itu yang membuat akun-akun yang mempunyai Like besar cepat berkembang Followernya, karena sering muncul di Explorer orang-orang.

Sesi Tanya Jawab

  1.  Tanya : mas Pakai sistem Reseller, distributor? Jawab : Untuk saat ini Sistem keagenan, dibawah keagenan ada reseller, untuk pemesanan reseller hanya dapat ke agen wilayah.Royal Sandwich Pusat hanya membuka pemesanan Via Website, dan Market PlaceJadi Adminnya cuma ada 1 dan didedikasikan untuk melayani Agen Wilayah

    Untuk saat ini sudah memiliki 12 Agen wilayah yang tersebar di JABODETABEK.

  2. Tanya: Mas Vidi, menentukan nama akun instagram? Apakah harus spesific?. Jawab: untuk pemilihan akun Instagram harus sesuai dengan jualannyaUntuk pemilik merk saya sarankan menggunakan nama Merk sebagai Nama InstagramTapi untuk online shop yang menjual produk orang lebih bagus Spesifik ke produknya
    Contoh : Jualan Nugget, tapi ngambilnya dari orang, Nama IG yang bagus menurut saya “@Nugget_Sehat”.
  3.  Tanya : Mas Vidi..kendala apa yg terberat yg di temui selama usaha. JawabGaya hidup.  Kenapa?
    Karna awalnya saya seorang karyawan yang memiliki penghasilan tetap, saat memulai usaha 5 tahun lalu untuk merubah gaya hidup itu susah banget1. Ngumpulin komik
    2. Nongkrong ngopi bareng temen2
    3. Jalan-jalan naik motor keluar kota

    3 diatas gaya hidup yang ga perlu-perlu amat tapi susah diilanginnya, tapi kalo ga diilangin akan menjadi kendala saat pemasukan tidak tetap

    Banyak temen-temen saya yang sudah mulai usaha tetapi akhirnya kembali bekerja, karena tidak terbiasa dengan penghasilan yang tidak tetap

    Untuk saat ini kendalanya sudah beda lagi, semakin banyak team, semakin sulit juga mengkomunikasikan apa yang kita inginkan ke seluruh team.

  4. Tanya : Bagaimana pembatasan Area agen dan re-seller?
    Apakah ada batasan juga bahwa agen tidak boleh mengambil eceran?.  Jawab : Untuk saat ini Agen Wilayah dibatasi perwilayah hanya boleh 2 AgenSedangkan untuk Reseller di buka seluas-luasnya.Untuk agen tidak ada minimum pemesanan, dikarenan ada biaya pendaftaran dan sistem pembeliannya dengan cara deposit.
  5. Tanya : Mas vidi jualan di Instagram pake admin kah trus selain upload foto ,adalah Cara lain untuk menambah follower.  Jawab: Adminnya tetap ada, tetapi hanya untuk melayani pemesanan agen wilayahAda, misalnya Saling Follbak, Endorse, Atau Pakai tools juga bisa.
  6. Tanya: Dr awal usaha sandwich,
    Skrg kan melebar ke snackbox, nasi box, nasi tumpeng..
    Managemen nya gmn tuh mas,
    Apa pny medsos yg beda?
    Pembagian team @ produk nya gmn?
    Jawab : Jg gmn Atur managemen pas lg bentrok semua ada pesanan, gmn siasatin spy kualitas produk ttp oke & customer puas. Jawab: Masing-masing punya teamnya mba, walaupun usahanya berbeda tapi saling menunjang. Contohnya : Setiap pembelian Nasi Tumpeng GRATIS Sandwich. Atau misalnya Media Sosial Royal Sandwich bisa digunakan untuk menjual Nasi Tumpeng. Atau Kurir Sandwich bisa buat Anter Snack Box dan Roti Buaya.
  7. Tanya : Tools nya apa mas yg buat intagram. Jawab : Tergantung kebutuhan Mba, yang aku pake :
    1. Instagress
    2. Onlypult
    3. Gramcaster
    4. Gramblr

Ilmu adalah sebuah hal yang perlu di praktekkan bukan hanya untuk di ketahui, walaupun tidak semua berhasil tapi toh ada yang pernah berhasil, jadi jangan pernah berhenti untuk belajar, praktekkan, dan rasakan hasilnya

Think BIG, Start small, Do it now!!!

Copyrights:
Hak untuk menyebarkan ada di penulis.  Jika anda ingin mengutip tulisan diatas, silahkan tulis sumber nya dari mana.  Untuk mengutip keseluruhan isi tulisan, harap ijin terlebih dahulu kepada pemateri.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s