Sharbiz 18 November 2016 : Sambel Hj Lina dan Bebek Frozen yang rasanya WOW

Posted on Updated on

sambal hj Lina dan bebek frozen mas yogiSharing bisniz kali ini akan diisi oleh seorang ibu cantik yang energik, yg sdh banyak pengalamannya dlm mmbangun bisnis kuliner.  Dikenal sebagai produsen sambal yg cetaarr pedasnya dan lezaat rasanya..jg sbg pengusaha bebek Box

Perkenalkan sama saya Lina, owner sambal hj lina dan bebek box mas yogi, anak saya 3 laki-laki semua, suami kerja di bank pemerintah,  sudah hampir 2 tahun saya tinggal di daerah BSD.

Saya dulu kerja di perusahaan farmasi ,kalbe grup bag R&D tapi lebih fokus di registrasi obat, dan pengurus di koperasi karyawan,  berhenti karena suami pindah-pindah cabang ke luar kota.

Anak yang pertama , setelah selsai kuliah kerja di TV nasional gak betah, sekarang punya peternakan puyuh.  Anak saya yang ke 2 setelah selesai kuliah langsung bisnis di bidang jasa sekarang memiliki 60 karyawan,  Anak yang ke 3 masih kuliah , sambil mulai belajar bisnis.

Pada dasar nya saya hobi  jualan,   Pada tahun 1992 suami pindah tugas ke kalimantan yang membuat saya harus keluar dari pekerjaan , kebayang stres nya , saya biasa hidup di Jakarta dengan lingkungan bagus dan karir lagi bagus, saya sudah dapat fasilitas mobil dan jalan-jalan keluar negeri 1 tahun sekali, semua temen dan atasan saya gak percaya saya meninggalkan pekerjaan itu , karena posisi saya banyak yang mengincer .

Ternyata  saya gak perlu berlama-lama  stres tinggal di kalimantan, jiwa bisnis saya langsung nyetrum lagi😀.  Cerita jaman dulu sedikit yaaa😄🙏.

Saya mudah bersosialissi dengan lingkungan, saya langsung banyak teman terutama dari kalangan perbankan dan bebek-box-mas-yogipengusaha setempat , jiwa bisnis saya mulai menari-nari lagi 😀.  Pada saat itu di Banjarmasin baru ada 1 mal, sedangkan mereka duit nya banyak banget… Saya mulai bolak balik jakarta , dari Banjarmasin saya bawa berlian ke Jakarta , saya jual ke temen-temen  di Jakarta , kemudian dari jakarta  saya bawa fashion termasuk tas-tas mahal ke Banjarmasin, alhamdulillah lariiis banget..

5 tahun saya pindah lagi ke Jakarta, bisnis di Banjarmasin diteruskan temen.  Bisnis jarak jauh pada saat itu rada susah.. Pelan-pelan akhirnya berenti juga😭.

Sampai di Jakarta saya  mulai lagi cari bisnis baru , saya buat home industri sandal pada saat itu market saya lebih banyak ke kalimantan dan alhamdulillah bagus sekali,  karyawan bisa sampe 12 orang , berjalan 5 tahun tiba2 krismon dolar jadi 16 ribu , banyak pabrik.sepatu dan sandal bangkrut itu berimbas ke bisnis saya karena sandal saya di buat dari sisa limbah pabrik besar , ahirnya saya pun tutup , karena bahan baku jadi susah.

Bolak balik tutup gak membuat saya kapok dan tutup bukan berarti saya rugi…😄.  Sambil bisnis sandal , saya juga buka butik di daerah jln bangka kemang berjalan hampir 20 tahun , sekarang sudah tutup bukan karena bangkrut atau rugi tapi karena orang kepercayaan saya sakit.

Tuuuh kan tutup.lagiii😷😷😷.

Saya sebener nya maluu loh ko cerita gini tapi gak apa apa ya ini pengalaman saya, bisnis saya selain di atas masih ada seperti  property.  saya jualan ruko dan apartemen daerah benhil ,,, alhamdulillah untung nya bisa beli apartemen juga, teruus sempet kerjasama dengan travel umroh dan wisata ke luar negeri.. Alhamdulillah bisa umroh dan jalan-jalan ke luar negeri gratis.

bebek-box-mas-yogi-2Pada saat itu apa aja saya lakukan, karena saya banyak teman yang percaya sama saya jual apa aja laku.. Saya tawarin apa aja mau… Enak banget cari uang mudah.

Semua usaha saya jalan kan dengan senang tapiiiii  TIDAK FOKUS.  Ini  saya hanya memanfaatkan temen2 yang banyak duit, bisnis saya cuma hoby , sampai suatu ketika saya diundang/diajak  makan sama anak saya di sebuah hotel ber 2 saja… Anak saya bertanya , mama puas dengan bisnis mama? mama gak cape? Mau sampe kapan? Kan mama nanti tambah tua ,cape kan bisnis kaya gini?   Saya bilang, puas ko dan gak cape , mama happy…. Akhirnya anak saya  ngomonglah bla.bla..  bla.. (Pandangan bisnis anak muda) intinya gini.nih…. Kalau bisnis mama sekarang mama gak kerja berarti uang gak masuk coba , mama punya sistem , mama di rumah pun.uang akan masuk…. ## hadeuuh anak kecil.ngajarin mamanya##

Waktu itu saya bisnis hanya buat seneng-seneng aja , untung alhamdulillah dan kalau rugi ya gak apa apa namanya bisnis, rugi kalau kita yang jalani  berarti pelajaran buat kita , dari pada rugi ketipu orang. Kalau mau cerita rugi nya juga boleh😄😄.  Saya pernah rugi ratusan juta. Waktu bisnis perkebunan dan ternak bebek😭😭.

Anggap itu sekolah saya yang paling mahal. Setelah segala macam usaha saya coba ahirnya saya mulai berfikir omongan anak saya supaya saya fokus.  Dan saya berfikir bisnis yang gak ada matinya adalah bisnis makanan.  Akhirnya saya pilih bisnis makanan  bebek goreng.. Karena sudah lama keluarga saya punya bisnis itu.

Saya mulai usaha bebek goreng thn 2010  dengan membuka warung di daerah pasar santa dan tendean tepat nya samping trans tv, cukup laku tapi masalah ada nya di sdm nya cari karyawan yang loyal tuh susah banget yaa….. Selalu dan selalu karyawan yang menjadi masalah padahal saya sudah berusaha sebaik mungkin…  tapi tetep aja pusing.  Duuuh malu lagi nih……. Ahirnya tutup juga😭😭😭.

Tapi warung kaki 5 saya di kampung masih berjalan sampe.sekarang denga 8 karyawan buka jam 5 sore jam 9 jam 10 malam sudah habis kalau malam sabtu minggu bs habis 80 ekor.  Betuul loh warung saya warung tenda pinggir jalan.

bebek-box-mas-yogi-hj-linaTapi alhamdulillah tiap hari rameee bgt.. 80 ekor berarti kira-kira 320 porsi itu dari bebek aja blm menu lain.  Untuk yang di Jakarta saya gak buka warung lagi
Karena makanan beku makin  tren akhirnya yang di Jakarta saya fokuskan ke bebek dalam bentuk frozen..  dan sambel nya juga saya jual di kemasan botol.

Saya belajar banyak dari grup ini, Frozeners, membuat saya lebih semangat 😄. Alhamdulillah sekarang saya mulai fokus dan lebih rapih dalam berbisnis. Hasil nya pun mulai keliatan walaupun belum sehebat temen disini.  Saya banyakin reseller.

Oya untuk sambal saya sekarang sudah di jual di HOI Bremen Jerman , dan secara rutin kiriman ke paris 2 bulan sekali. Dan bulan september lalu saya mengikuti china asean expo di kota Nanning cina.

Ada cerita menarik dari china. Sebelum saya pameran saya survei harga sambel di supermarket dan pasar tradisionil di sana.  Masaa sih sambal di china harga nya cuma 2 yuan… Berarti 6 ribu rupiah sajah..😭😭 kemasan baguus dan isi banyak. Sementara saya rencana jual 20 yuan , 40 ribu rupiah. Bingung dong .. Gimana saya.mau jual…? Ah dari pada saya jual murah .. Mening/lebih baik , saya bagi2ke temen2 peserta pameran dari.indonesia. Tapiii teteeep usaha dulu😄. Sambal saya naikin harga jadi 25 yuan jadi 50 ribu.  Laku alhamdulilah… Gak laku aku bagi2. Tapiii , baru niat bagi2 aja sudah allah beri kelipatan nya. Ternyata sambal saya laku…. Habiiiis  tak bersisa😄😄😄. Itu sedikit(banyak) pengalanan bisnis saya … Oya.

Dan insyaallah tgl 25 sd 27 nov saya terpilih dari kementrian perdaganga untuk mengikuti acara ini

bebek frozen di indonesia franchise and SME ExpoSekian dari saya mohon maaf kalau tidak berkenan namanya juga pemula masih perlu belajar dari.suhu2 di disini🙏 🙏.

Tanya: Bu, mau tanya, bagaimana kah jenis produk yg bs diterima di pasar LN. Ibu kan kemarin sempat ke cina bu. Jawab: Waktu saya expo.kemaren.. Produk indonesia rata2 habis semua. Orang china suka sekali.makan dari indonesia.

Tanya: Kiat2 ibu dalam memanage warung tenda nya apa yaa. Jawab: Lebih mudah dan murah, pak.  Sewa tempat.murah… Dan orang gak sungkan masuk ke warung tenda apalagi warung saya di kota kecil yang daya beli masih rendah..

Tanya: 8 orang karyawan dan 320 porsi kan gak sedikit. Gimana cara me manage nya bu. Jawab: Wah pak kalau liat pas rame nya saya aja ampe bingung, tapi.karyawan saya gesit2 .. Dan pembeli pada sabaar banget  kadang tenda blm di pasang aja udah pada nunggu.

Tanya : Mensiasati masalah harga bagamana bu..khan bebek tergolong makanan ‘mahal’ apalagi dengan daya beli rendah?. Jawab: Saya jual 1porsi 32 ribu sudah termasuk nasi….daya beli rendah tapiiiii karena bebek saya enak😄.  Berapa pun di beli.

Tanya: bu..sambalnya sdh masuk kemana saja?. Jawab: Saya memang belum mau.masuk pasar modern, Lebih suka yang beli cash… Jadi perbanyak reseller aja…, cuma ada di sevel 10 gerai jaksel , pasarraya grande ,toko oleh2.

Tanya: Bu.. Warung tendanya dimana lokasinya kah? Hehe. Jawab: Di rangkas bitung mbak.. di Banten.

Tanya: Bu,  Warung tenda kan butuh penanganan lebih ya, sperti harus pasang tenda nya dulu, trs bongkar lagi, & keamanan nya, dll. Itu gmn siasatin warung tenda ibu bs tetep eksis & byk peminat selain dari segi rasa yg enak.  Jawab: Repot banget mbak bongkar pasang nya…. Di siasatin nya rasa bebek dan sambal gak berubah rasa… Jadi ketagihan enak nya… 😄pembeli gak peduli harus ngantri dan duduk.lesehan di trotoar.

Tanya : Untuk varian frozen apa saja bu? Jawab: Hanya ungkep aja bs buat di goreng.bisa di bakar udah termasuk sambel dan kaldu

Sekian sharing pengalaman bisnis dari saya, semoga bermanfaat.

 

 

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Iklan

Satu respons untuk “Sharbiz 18 November 2016 : Sambel Hj Lina dan Bebek Frozen yang rasanya WOW

    Edi sumadu said:
    20 Desember 2016 pukul 3:23 pm

    dimana saya bisa membeli sambal bebek ini s
    diseputar bsd nya.
    salam

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s