Penyimpanan dan pengangkutan makanan beku

Posted on Updated on

Makanan dapat dibekukan sebelum maupun sudah dikemas. Buah-buahan dan sayuran yang akan dijual eceran biasanya dibekukan terlebih dahulu sebelum dikemas dan disimpan dalam peti besar atau silo.

Penyimpanan dalam jumlah banyak memungkinkan pengemasan selama setahun dan menghindarkan kebutuhan untuk menduga keperluan ukuran kemasan yang berbeda-beda selama satu tahun penuh.

Seperti system lainnya, frozeners harus yakin bahwa suhu produk telah diturunkan dalam alat pembeku hingga mencapai suhu ruang. Ruang penyimpanan dingin sebelum dipindahkan kedalam ruang penyimpanan tersebut (-18oC hingga -25oC).

Kegagalan melakukan hal tersebut akan mengakibatkan kenaikan suhu ruang penyimpanan dingin dan mempercepat kerusakan makanan yang sudah ada di dalamnya. Selang waktu yang cukup lama dibutuhkan oleh system pendinginan untuk dapat mengembalikan suhu yang diinginkan.

Sesudah makanan diolah, disimpan dan dikemas secara baik. Bahan pangan tersebut harus dijual ke tangan konsumen dengan perubahan mutu yang minimal. Distribusi makanan beku dapat melibatkan beberapa tahap. Perusahaan-perusahaan yang bertanggung jawab perlu melakukan pelatihan karyawan agar SDM untuk menjaga mutu produk seimbang.

Waktu memuat produk sampai satu jam dapat diizinkan bagi ruangan yang dikendalikan dengan baik. Tetapi biasanya justru pada ruangan penyimpanan yang kurang baiklah pengisian muatan berlangsung paling lambat.

Sebagai contoh jika suhu ruang penyimpanan -25oC dan mempunyai tempat untuk mengisi muatan yang terlindung dari cuaca atau mempunyai pengatur suhu udara ruang yang terpisah dari udara luar. Produk dapat dimuat kedalam truk dengan suhu diantara -18oC dan -25oC. produk ini akan tetap berada dalam kondisi yang baik asalkan rangkaian penanganan system pendinginan selanjutnya tetap terkendali.

Akan tetapi, jika suhu ruang penyimpanan -18oC, bahan pangan tidak aka nada toleransi selama pengisian muatan dan operasi lainnya. Padahal suhu makanan tersebut harus dipertahankan -18oC selama distribusi berjalan.

Unit pendingin pada alat pengangkut makanan beku dirancang untuk mempertahankan suhu dengan menyerap panas yang masuk ke dalam ruang penyimpanan tetapi bukan dirancang untuk menurunkan suhu makanan.

Nah gimana sobat frozeners? Makin ngerti dan makin paham kan tentang dunia pembekuan makanan?. Yuklah langsung coba di aplikasikan ke produk sobat frozeners.

Sumber: Buckle dkk. 1985. Ilmu pangan (penerjemah Hari Purnomo Adiono). UI-Press. Jakarta.

Iklan

Satu respons untuk “Penyimpanan dan pengangkutan makanan beku

    […] suhu penyimpanan beku cukup rendah dan perubahan kimiawi selama pembekuan dan penyimpanan beku dapat dipertahankan sampai […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s