Kemajuan teknologi makanan beku yang aplicable

Posted on Updated on

Kemajuan teknologi telah merasuki berbagai sendi kehidupan. Termasuk proses pengawetan bahan pangan. Mudah sekali saat ini ditemui berbagai pangan yang diawetkan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Seperti makanan beku.

Makanan beku (frozen) adalah bahan pangan yang telah melewati serangkaian tahap pengolahan dengan menggunakan suhu pada titik bekunya. Tujuannya ialah untuk meningkatkan masa simpan dari produk tersebut.

metode pembekuan

Pembekuan pada bahan pangan memiliki pengaruh terhadap bahan pangan,yaitu: (1) penurunan suhu akan mengakibatkan penurunan proses kimia, mikrobiologi, dan biokimia yang berhubungan dengan kelayuan, kerusakan, dan pembusukan dll. (2) pada suhu dibawah 0oC air akan membeku dan terpisah daru larutan membentuk es yang mirip dengan air yang menguap pada proses pengeringan.

Apabila suhu penyimpanan beku cukup rendah dan perubahan kimiawi selama pembekuan dan penyimpanan beku dapat dipertahankan sampai batas minimum. Maka, mutu makanan beku dapat bertahan hingga waktu yang cukup lama.

Makanan tidak mempunyai titik beku yang pasti, tetapi akan membeku pada kisaran suhu tergantung pada kadar air dan komposisi sel. Pembekuan yang cepat dan penyimpanan dengan fluktuasi suhu yang tidak terlalu besar, akan membentuk Kristal-kristal es kecil didalam sel dan akan mempertahankan jaringan dengan kerusakan yang minimum pada membrane sel.

Pertumbuhan mikroorganisme dalam makanan pada suhu di bawah + 12oC belum dapat diketahui dengan pasti. Jadi, penyimpanan makanan beku pada suhu sekitar -18oC dan di bawahnya akan mencegah kerusakan mikrobiologis dengan syarat tidak terjadi fluktuasi suhu yang besar.

Walaupun jumlah mikroba biasainya menurun selama pembekuan dan penyimpanan beku (kecuali spora). Makanan beku yang tidak steril acapkali cepat membusuk seperti produk yang tidak diberi perlakuan pembekuan. Karena pengaruh suhu yang tinggi dan waktu penyimpanan yang lama.

Pembekuan dan penyimpanan makanan beku juga mempunyai pengaruh yang nyata pada kerusakan sel mikroba. Jika sel yang rusak atau luka tersebut mendapat kesempatan menyembuhkan diri. Maka, pertumbuhan yang cepat akan terjadi di lingkungan sekitar yang memungkinkan.

Itulah sobat frozen, sekilas mengenai teknologi makanan beku yang saat ini tengah digemari baik para pelaku usaha maupun konsumen. Jika frozeners mau berkutat pada bisnis ini, sebaiknya pahami mengenai tata cara yang benar dalam proses pembekuan bahan pangan. Cek aja postingan sebelumnya hehe. See you…

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s