Kualitas dan Kandungan Gizi Ikan Salmon Beku

Posted on Updated on

Ikan salmon adalah sejenis ikan laut dari family salmonidae. Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies yang bermigrasi untuk berkembangbiak. Salmon lahir di perairan air tawar, bermigrasi ke lautan, lalu kembali ke air tawar untuk bereproduksi. Ikan salmon tidak ditemukan di Indonesia melainkan di uni eropa oleh sebab Indonesia mengimpor ikan salmon beku dari negara uni eropa salah satunya Norwegia.

 

ikan salmon bekuIndonesia masih tergantung pada impor salmon dari uni eropa, salah satu penyebabnya adalah konsumsi ikan salmon oleh usaha resto, hotel dan usaha ikan lainnya. Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Narmoko Prasmadji mengakui adanya ketidakseimbangan impor ikan salmon untuk konsumsi di Indonesia. Untuk diketahui, Badan Sumber Daya Pangan Laut Norwegia (Norwegian Seafood Council/NSC) mencatat, nilai ekspor ikan salmon Norwegia ke Indonesia naik dari USD 8,11 juta tahun 2011 menjadi USD 9,82 juta tahun 2012 dengan volume ekspor naik hampir dua kali lipat.

 

Salmon   adalah   ikan   yang   kaya   lemak   tak   jenuh   Omega   3   yang   dapat mengurangi produksi partikel penyebab radang dalam tubuh yang dapat merusak kulit.  Dalam  riset  penelitian   yang  dipublikasikan  oleh  Journal  of  the   American Medical Association dilaporkan bahwa terdapat hubungan antara mengkonsumsi ikan dengan jumlah asam lemak omega-3 serta pertumbuhan penyakit jantung koroner. Selain Omega 3 ikan salmon juga kaya akan protein yang kaya akan manfaat.

 

ikan salmon bekuIkan salmon beku dapat kita jumpai dipasaran dan juga saat pengiriman dikapal dalam keadaan ikan salmon beku, hal ini untuk mencegah adanya perkembangan mikroba dan reaksi biokimia yang dapat merusak zat gizinya. Sedangkan ikan salmon yang dijual dalam kondisi segar sebenarnya telah melakukan perjalanan berjam-jam bahkan berhari-hari untuk sampai ke pelelangan ikan, pedagang/supermarket hingga ke tangan konsumen.

 

saat ini teknologi pengepakan dan vakum yang semakin tinggi mampu meningkatkan kualitas ikan beku salah satunya saat pengiriman ikan salmon beku. Namun, yang perlu diperhatikan, harus mengetahui tanda-tanda kesegaran ikan, meliputi:

– Daging yang segar tidak berbau busuk dan anyir. Ikan salmon segar beraroma asin seperti air aut.

– Ikan yang segar harus bermata bening dan cerah.

– Ikan salmon segar bertekstur kenyal, padat, tidak lembek, tidak berlendir, dan dagingnya akan kembali ke posisi semula setelah ditekan.

Sumber :

economy.okezone.com

cantik.tempo.co

 

 

 

Iklan

Satu respons untuk “Kualitas dan Kandungan Gizi Ikan Salmon Beku

    […] produk beku dapat melindungi bahan dari dehidrasi yang disebabkan karena terjadi proses sublimasi selama […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s