Produk Usaha Jajanan Kuliner Berbahan Singkong yang Sangat Potensial

Posted on Updated on

Singkong mempunyai umbi atau akar pohon berdiameter rata-rata 5-10 cm lebih dan panjang 50-80 cm. Tempat yang terkenal akan kekayaan hasil singkongnya yaitu wilayah Lampung sekaligus area produktif pengekspor singkong. Sayangnya pemanfaaatan produk olahan singkong masih sangat minim dan berjalan dengan statis, bahkan sampai usaha jajanan kuliner berbahan singkong pun sangat langka.

usaha jajanan kuliner berbahan singkong

Pengetahuan dan keterampilan yang minim salah satu faktor penghambat para petani singkong untuk mengembangkan usaha berbasis singkong. Sebagian besar petani singkong hanya sebatas membudidayakan singkong tidak mengembangkan menjadi suatu produk yang bernilai jual tinggi.

Dewasa ini, produk olahan singkong kurang menarik minat konsumen karena kurangnya inovasi terhadap produk yang dihasilkan. Hal tersebut tentu saja berpengaruh terhadap perekonomian para petani singkong yang bahan bakunya kurang diminati di pasaran, terlebih saat harga bahan baku lain meningkat yang membuat harga pasaran singkong mengalami penurunan.

Hal tersebut membuat produktifitas petani singkong menurun dan pemasarannya berkurang. Mengingat begitu besar peluang usaha dari komoditi singkong ini, Salah satu terobosan dalam mengembangkan produk usaha jajanan kuliner berbahan singkong yaitu dengan sate singkong isi mie aneka rasa yang diharapkan sebagai solusi penunjang perekonomian petani singkong dan diversifikasi pangan berbasis singkong.

usaha jajanan kuliner singkong

Sumber daya alam wilayah Indonesia sangatlah melimpah, sebagian besar wilayah Indonesia mampu memberikan hasil pertanian yang melimpah salah satunya adalah hasil singkong. Meskipun demikian, saat ini singkong masih dianggap sebagai bahan yang kurang berkelas dan  murah di mata masyarakat.

Kondisi tersebut menyebabkan ketahanan pangan Indonesia menjadi rapuh, padahal singkong merupakan potensi yang luar biasa untuk dijadikan sumber pangan masyarakat. Kondisi demikian, harus dibuktikan bahwa singkong dapat diolah menjadi makanan yang enak dan bergizi. Oleh karena itu SASIMI (Sate Singkong Isi Mie) ingin menjadi penggerak dalam pemanfaatan singkong serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Produk olahan berbasis singkong hasil kreativitas mahasiswa ini merupakan produk yang sehat dan digunakan sebagai penarik minat bagi pecinta produk olahan singkong. Produk ini juga menjadi solusi jajana yang murah bagi kalangan anak-anak,remaja maupun dewasa serta jajanan usaha kuliner berbahan singkong.

Bahan dasar yang digunakan dalam produk olahan ini adalah singkong, mie kuning, tepung terigu dan telur yang dipadukan menjadi jajanan sederhana yang lezat dan sebagai bentuk produk lain dari singkong. Saat ini masyarakat mengalami kejenuhan terhadap produk olahan singkong, oleh sebab itu produk ini menjadi solusi jajanan yang terjangkau dan lezat serta wujud dari produk olahan inovatif berbasis singkong

Saat ini singkong bukan lagi jenis makanan yang asing di kalangan masyarakat, singkong dapat disajikan sebagai makanan utama maupun makanan pelengkap. Banyaknya produk singkong yang beredar dipasaran saat ini sebagian besar adalah berbentuk kripik singkong yang sudah dikemas dan sudah sangat umum dimasyarakat. Oleh karena itu, SASIMI ( Sate Singkong Isi Mie ) diharapkan menjadi produk berbahan singkong yang dapat menjaga eksistensi dari singkong . Sate singkong isi mie ini diharapkan dapat dijalankan oleh masyarakat sebagai peluang usaha jajanan kuliner di lingkungan sekitar dan memiliki keuntungan yang menjanjikan.

Produk olahan ini diharapkan dapat meningkatkan harga pasar dari singkong,  dan mengangkat kembali eksistensi produk berbasis singkong. Untuk memulai usaha ini yang anda perlu lakukan adalah  persiapan, pengadaan sampel dan pemasaran serta produksi. Persiapan meliputi persiapan bahan baku dan penyiapan sarana serta prasarana penunjang. Pengadaan sampel digunakan sebagai sebagai metode tester untuk mengetahui kualitas cita rasa dan porsi penyajian. Kemudian pemasaran secara langsung melalui media promosi dan produksi.

Dari usaha ini diharapkan bisnis “ SASIMI ” dapat menjadi bisnis yang menguntungkan dan dapat menjadi peluang dalam menciptakan lapangan pekerjaan serta menjadi salah satu produk makanan yang sehat memenuhi keinginan konsumen dan ramah untuk dikonsumsi oleh semua kalangan.

Dari usaha tersebut harapannya bisa menjadi cikal bakal usaha jajanan kuliner yang nantinya dapat memunculkan ide kreatif lainnya dalam menciptakan makanan yang bermanfaat dan bernilai jual tinggi serta meningkatkan daya saing dalam hal cita rasa kuliner

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s